Skip to main content

Timlo Solo, Kuliner Nusantara Yang BAnyak Digemari


Kuliner menjadi salah satu wadah bagi para pecinta makanan untuk memuaskan hasrat mencicipi segala makanan khas daerah di indonesia, masyarakat indonesia tentunya tidak bisa leps dari bidang kuliner, kemajuan bidang kuliner menjadi pe;uang bagi masyarakat untuk mengenal lebih banyak makanan yang ada di indonesia bahakan sebagain bisa dapat keuntungan dari majunya bidang kuliner.

Salah satu makanan khas dari solo di jawa tengah ialah timlo, sebuah hidangan sup yang menggugah selera. Dalam pembuatannya timlo solo ini mengolah dengan cara mengiris pindang, sosis solo, dan ati ampela, yang dimasukkan ke dalam mangkuk, lalu dituangkan lah kuah yang terbuat dari kaldu ayam, lada, garam, bawang merah, dan kecap asin. Meski bahan-bahan yang digunakan cukup banyak namun ktika kuah timlo dituangkan ke dalam mangkuk, kuah tersebut nampak bening dan memberikan sensasi segar.

Tentunya selalu ada bahan-bahan pelengkap yang membuat makanan menjadi lebih menarik untuk disantap, adapun makanan pelengkap timlo solo yaitu, telur pinang yaitu telur yang direbus dengan kecap manis, lalu sosis solo makanan khas solo dengan gulungan telur dadar yang diisi dengan suwiran daging ayam, ati ampela yang direbus, lalu makana timlo ini dihidangkan bersama nasi putih hangat, akan lebih nikmat untuk disantap.

Ketika cuaca sedang hujan makanan timlo ini sangat cocok menjadi makanan utama. Ada juga sejarah yang ada dibalik sedapnya timlo ini, konon katanya bahawa timlo ialah kimlo makanan yang berkuah dan berasal dari cina, bahkan ada dalam buku resep peninggalan leluhur zaman dahulu bahwa timlo merupakan sup cina. Konon juga dahulu makanan ini disajikan dengan poreselen berwarna biru dan dinikmati dengan uang beberapa sen sembari jongkok.

Namun seiring berjalannya waktu kimlo tersebut menjadi timlo, entah apa yang membuat penamaan nama makanan tersebut menadi berubah. Bahkan timlo menjadi makanan yang melejit dan menjadi makanan yang paling banyak digandrungi ketika pergi ke jawa tengah oleh para pelancong yang datang, inilah hebatnya kuliner makanan beserta sejarah yang melatarbelakanginya.