Skip to main content

Ferementasi Asam Laktat


Ferementasi asal laktat dari jamur dan bakteri tertentu dimanfaatkan dalam pembuatan keju dan yoghurt, sel otot juga mampu melakukan fermentasi asam laktat, jika asam piruvat mengalami proses reduksi, bukan oksidasi seperti dalam daur krebs. Ketika tubuh membutuhkan energi yang besar dalam waktu singkat, oto akan melakukan fermentasi. Misalnya hal ini sering terjadi pada atlet lari cepat atau istilahnya ialah sprint.

Atlet tersebut membutuhkan oksigen sangat besar saat lari, selanjutnya dengan oksigen yang banyak asam piruvat akan memasuki dalur krebss seperti kondisi normal sehinggapembntukan energi juga terbilang sangat besar. Ketika berlari, pasokan oksigen untuk tubuh berkurang, padahal masih dibutuhkan energi yang besar untuk berlari. Oleh karena itu, asam laktat tetap dapat menghasilkan energi meskipun oksigen dalam tubuh terbatas.

Laktat sebenarnya merupakan racun bagi bagi sel sehingga laktat yang terbentuk dalam sel otot akan dibawa dibawa keluar oleh darah menuju hati. Laktat selanjutnya diubah menjadi asan piruvat. Oleh karenanya energi dapat segera diperoleh kembali melalui daur krebs. Apabila atlet tersebut sudah selesai beraktivitas, kemudian melakukan istirahat yang cukup serta jumlah oksigen dalam tubuh terpnuhi, asam laktat yang telah diubah menjadi asam piruvat dapat memasuki daur krebs kembali.

Selanjutnya pelari yang tadi disebutkana akan memperoleh energi dari respirasi aerob seperti kondisi semula. Ternyata banyak istilah biologi yang sehari-hari menemani kesehrian kita, kalau diteliti lebih dalam lagi banyak juga istilah yang belum kita ketahui namun ternyata hidup jauh di dalam tubuh kita. Ada yang bermanfaat namun ada juga yang merugikan kita oleh karenanya sedikit banyak kita mesti mengetahui apa-apa saja yang baik bagi tubuh atau yang tidak menguntungkan sama sekali bagi tubuh.

Dari pola hidup, makanan hingga tempat tinggal mengandung zat-zat yang akan memengaruhi kehidupan, untuk itu perlu sangat diperhatikan ketika mengonsumsi sesuatu. Jangan sampai kita buta akan masalah kesehatan, akan lebih baik untuk tau apa saja yang dapat menyebabkan kesehatan tergaanggu atau apa saja yang bermanfaat bagi tubuh.